ASIFAH

Cara Konversi Gambar AutoCAD Dari Inchi Ke Cm (Centimeter) Atau M ke MM

Cara Konversi Gambar AutoCADTutorial ini membahas cara konversi gambar AutoCAD dari inchi ke cm (centimeter) atau m ke mm. Jika sudah menguasai cara ini, maka anda bisa mengkonversi gambar dari dan ke satuan unit apapun.

Memang, satuan ukuran gambar di AutoCAD terkadang perlu untuk dikonversi karena tidak sesuai dengan hasil akhir yang diinginkan. Oleh karena itu, mengetahui cara mengkonversi dari dan ke berbagai satuan ukuran gambar sangat penting dikuasai oleh pengguna AutoCAD.

Dan berikut inilah cara konversi atau merubah berbagai satuan ukuran.

Konversi Gambar AutoCAD Dari Inchi Ke Cm (Centimeter)

  1. Pada command prompt ketikkan perintah SCALE kemudian enter. Atau bisa juga klik menu Modify > Scale.
  1. Pilih objek yang akan di konversi ukurannya atau ketikkan All jika semua objek di layar penggambaran akan dikonversi. Kemudian enter.
  1. Masukkan nilai koordinat untuk base point atau ketikkan saja 0,0. Kemudian enter.
  1. Ketikkan 2.54 untuk faktor skala, kemudian enter. Kenapa harus 2.54? karena 1 Inches = 2.54 Centimeter.

Konversi Gambar AutoCAD Dari Centimeter Ke Inchi

Untuk merubah ukuran gambar di AutoCAD dari centimeter ke inches caranya sama dengan langkah-langkah diatas. Hanya saja untuk faktor skala (langkah no 4), angka yang harus diketikkan adalah 0.3937.

Kenapa harus 0.3937? karena 1 Inchi = 2.54 Centimeter maka 1 centimeter = (1/2.54) inchi = 0.3937 inchi.

Konversi Gambar AutoCAD Dari M Ke MM

Setelah mengetahui cara konversi diatas, maka andapun pasti langsung bisa mengetahui cara mengkonversi gambar dari meter ke milimeter. Dan memang betul caranya sama, hanya saja untuk faktor skala harus dimasukkan angka 1000. Karena 1 m = 1000 mm.

Begitupun jika anda mau mengkonversi sebaliknya, yaitu dari mm ke m. Maka tinggal dimasukkan saja faktor skalanya 0.001 (karena 1 mm = (1/1000) m = 0.001 m).

Untuk menambah referensi, silakan pelajari juga penggunaan scale dalam tutorial Cara Memperbesar Peta.

Setelah menguasai tutorial diatas, anda bisa mengkonversi gambar dari dan ke satuan unit apapun. Misalnya dari mm ke inchi, dari mm ke feet ataupun sebaliknya. Yang penting anda tahu nilai untuk memasukkan faktor skala di AutoCAD.

Demikian tutorial mengenai konversi ini. Silakan dipelajari dan jika ada yang ingin ditanyakan, langsung isi saja kolom komentar di bawah. Semoga bermanfaat.