ASIFAH

Cara Import Peta Atau Data MapInfo Professional Dari AutoCAD Map

Video dan artikel ini menjelaskan Cara Import Peta Atau Data MapInfo Professional Dari AutoCAD Map. Caranya cukup mudah dan fitur yang digunakan adalah fitur bawaan AutoCAD Map.

Untuk peta yang berformat SHP (Shapefile), AutoCAD Map bisa membuka dan mengolah tanpa import terlebih dahulu. Tetapi untuk file MapInfo (TAB), tool bawaan AutoCAD Map belum bisa.

Jadi, jika anda punya data atau peta dalam format MapInfo dan ingin dibuka serta diolah menggunakan AutoCAD Map, maka langkah pertama yang harus dilakukan adalah meng import data tersebut.

Untuk caranya, silakan ikuti tahapan di bawah ini.

Cara Import Peta Atau Data MapInfo Professional

  1. Buka Program AutoCAD Map dan pastikan di layar penggambaran tidak ada objek apapun.
  1. Klik menu Map > Tools > Import. Atau bisa juga melalui command prompt dengan mengetikkan perintah MAPIMPORT
  1. Pada kotak dialog Import Location, Files of type pilih MapInfo TAB (MITAB) (*.tab) dan cari file MapInfo yang akan diimport. Kemudian klik OK. Untuk gambaran silakan lihat gambar di bawah ini.

Cara Import Peta MapInfo

  1. Pada kotak dialog Import, jika tidak ingin mengimport data tekstual dari peta atau hanya perlu gambarnya saja maka bisa langsung klik OK. Tetapi jika data tekstualnya ingin disertakan dalam proses import maka ikuti langkah selanjutnya.
  1. Masih pada kotak dialog Import, klik cell pada kolom Data. Kemudian klik tombol titik-titik yang muncul.
  1. Akan muncul kotak dialog Attribute Data. Pilih option Create object data. Kemudian klik tombol Select Fields.
  1. Pada kotak dialog Object Data Mapping, pastikan diceklis data-data yang akan diimport. Yang tidak diperlukan bisa di unceklis. Kalau sudah tinggal klik OK. Klik lagi OK. Dan klik lagi OK.
  1. Kalau berhasil, pada command prompt akan ada keterangan hasil import. Contohnya seperti mapimport 66 object(s) inserted in 0 sec(s).
  1. Untuk menampilkan hasil import di tengah layar penggambaran, pada command prompt ketikkan Z > enter > E > enter.
  1. Jangan lupa hasil importnya di simpan (Save As), kalau tidak maka hasil importnya bisa hilang.

Perlu diketahui bahwa setelah diimport, petanya akan menjadi AutoCAD Drawing (DWG) dan tidak terhubung lagi dengan file MapInfo nya. Jadi editing apapun di AutoCAD tidak akan merubah file MapInfo nya.

Untuk menambah referensi, silakan pelajari juga tutorial saya yang Convert SHP to DWG atau bagaimana cara merubah file SHP menjadi AutoCAD.

Demikian tutorial yang bisa saya sharingkan kali ini. Silakan dicoba dan mudah-mudahan tahapannya bisa diikuti dengan baik. Kalau ada yang kurang jelas, bisa ditanyakan di bagian komentar. Terima kasih dan semoga bermanfaat.