ASIFAH

Cara Export Data Nomor Hak, Nama Pemilik, NIB, Luas, Dan SU Dari Peta AutoCAD Map Ke Excel

Artikel dan video ini menjelaskan Cara Export Data Nomor Hak, Nama Pemilik, NIB, Luas, dan SU Dari Peta AutoCAD Map Ke Excel. Cara ini nanti bisa anda gunakan juga untuk export data apapun yang ada di tengah bidang sebuah peta AutoCAD Map.

Materi mengenai hal ini sebenarnya sudah pernah saya buat di Cara Export Data Dari AutoCAD Map Ke Excel. Tetapi di tutorial tersebut yang di export hanya satu data di tengah bidang yaitu nomor persil. Sementara untuk yang akan kita bahas sekarang ini yang akan diexport ada 5 data di tengah bidang.

Lalu apakah caranya sama?

Sebenarnya tehnik yang digunakan sama. Tetapi untuk export 5 data di tengah bidang kita akan menggunakan sedikit trik dan improvisasi. Kenapa bisa begitu?

Karena pada dasarnya AutoCAD Map hanya bisa memproses pengisian data secara otomatis dari tengah bidang hanya satu. Jadi kalau 5 data itu diproses sekaligus maka tidak akan bisa. Kecuali 5 data itu terkumpul hanya di satu objek teks.

Sekarang kita langsung ke tahapannya secara umum (Untuk tahapan detailnya bisa anda lihat video di atas).

Cara Export Data Peta AutoCAD Map Ke Excel

  1. Buka Program AutoCAD Map. Kemudian buka Peta yang data-datanya akan diexport. Caranya klik menu File > Open.
  1. Buat layar penggambaran baru. Klik menu File > New.
  1. Dari Peta yang ada datanya, copy hanya objek yang ada di layer persil saja. Kemudian paste to original coordinate di layar penggambaran baru yang masih kosong tersebut.
  1. Lakukan Drawing Cleanup terhadap layer persil yang baru dicopy.
  1. Copy semua objek di layer Nomor Hak dari Peta yang datanya akan diexport. Kemudian paste to original coordinate di layar penggambaran yang persilnya sudah di drawing cleanup.
  1. Lakukan Topology. Untuk menambah referensi mengenai topology, silahkan baca ebook saya. Kalau belum punya, silahkan download gratis di Cara Membuat Peta.
  1. Buat tabel object data untuk menampung data Nomor Hak dari tengah bidang.
  1. Lakukan pengisian tabel object data secara otomatis.
  1. Jalankan Topology Query.

Sampai dengan tahap ini, pengambilan satu data dari tengah bidang sudah dilakukan. Langkah selanjutnya kita akan melakukan langkah yang sama terhadap data yang kedua. Adapun tahapannya.

  1. Di layar penggambaran yang persilnya sudah di topology. Hapus Nomor Hak.
  1. Copy semua objek di layer Nama dari Peta yang datanya akan diexport. Kemudian paste to original coordinate di layar penggambaran yang persilnya sudah ditopology.
  1. Lakukan Topology lagi. Jadi buat topology baru dan tidak perlu menghapus topology yang sudah dibuat sebelumnya.
  1. Buat tabel object data untuk menampung data Nama dari tengah bidang.
  1. Lakukan pengisian tabel object data secara otomatis.
  1. Jalankan Topology Query.

Sampai dengan tahap ini, pengambilan data yang kedua dari tengah bidang sudah dilakukan. Langkah selanjutnya kita akan melakukan langkah yang sama terhadap data yang ketiga, keempat, dan kelima. Adapun tahapannya tinggal ulangi seperti langkah nomor 10 sampai dengan 15.

Sebagai gambaran hasil di Excel nya akan terlihat seperti gambar di bawah ini.

Cara Export Data Peta AutoCAD Map Ke Excel

Demikian tahapan yang harus dilakukan. Bagaimana, bingung?

Sebelumnya mohon maap, artikelnya tidak ditulis mendetail agar anda melihat video di atas saja. Insya Allah di video langkahnya ditunjukkan semua dan kasusnya tuntas dari awal sampai akhir.

Seperti biasa untuk pertanyaan langsung dibagian komentar saja. Dan mohon kalau bertanya, disampaikan pertanyaannya secara detail dan rinci agar saya bisa menganalisa dan memberikan jawaban yang sesuai. Terima kasih dan semoga bermanfaat.