ASIFAH

Cara-Cara Menjaga Kesehatan Dalam Islam

Islam merupakan agama samawi terakhir yang diturunkan di bumi. Agama terakhir yang bertujuan menyempurnakan ajaran-ajaran yang sebelumnya. Bahkan kesehatan dalam islam tergolong sangat penting, salah satunya ditunjukan dengan kalimat yang sudah tidak asing lagi “Kebersihan sebagian dari iman”. Jika kita runut kembali kebersihan merupakan cara yang tepat untuk menghalau berbagai penyakit.

Jika Anda merupakan umat islam, dan ingin mengikuti cara nabi Muhammad Saw menjaga kesehatan, berikut ini akan Kami sajikan cara cara menjaga kesehatan menurut islam.

Bangunlah Sebelum Subuh

Bangun sebelum subuh dengan maksud melakukan solat sunah berjamaah dan melakukan solat subuh. Gerakan solat sama bermanfaatnya dengan gerakan olah raga, solat pada saat subuh sama bermanfaatnya dengan olah raga kecil di pagi hari. Udara subuh juga terbukti lebih seger dan fresh. Dengan melakukan hal-hal di atas juga akan memberikan Anda berkah berupa pahala, dan kenikmatan sehat.

Jagalah Kebersihan

Setiap hari Kamis dan jumat nabi Muhammad Saw selalu rutin memotong kuku, mencuci rambut-rambut halus yang berada di pipi, bersikat, serta memakai parfum. Setiap hari nabi Muhammad Saw juga selalu menggunakan harum-haruman dan tampil bersih dan rapi. Seperti yang sudah disebutkan di paragraf pembuka bahwasanya bagi umat islam kebersihan merupakan sebagian dari iman.

Tidak Makan dengan Berlebihan

Hal ini mungkin sudah tidak asing lagi bagi kita kaum muslimin dan muslimat. Dalam makan, islam menganjurkan untuk makan sebelum kita lapar dan berhenti makan sebelum kenyang. Karena menurut kepercayaan islam bahwa perut kita dibagi menjadi tiga bagian, pertama bagian perut untuk makanan, kedua bagian perut untuk udara, ketiga bagian perut untuk air. Dengan menyeimbangkan tiga unsur itu di dalam perut maka kita akan menemukan kesehatan.

Gambar Kesehatan Dalam Islam

Biasakan Jalan Kaki

Berjalan kaki bukan hanya anjuran menjaga kesehatan dalam islam, banyak para ahli kesehatan yang juga menganjurkannya. Nabi Muhammad SAW terkenal suka berjalan kaki, baik ke masjid, rumah sahabat, maupun pergi berjihad. Dengan berjalan kaki akan membuat keringat kita keluar, kemudian pori-pori kita akan terbuka, aliran darah juga lebih lancar, dan pastinya akan membuat tubuh kita lebih sehat.

Tidak Gampang Marah

Nabi Muhammad SAW pernah membarikan nasihat “Jangan marah” kata tersebut diulangi selama tiga kali. Hal ini menunjukan bahwa pentingnya untuk menjaga emosi dalam islam, dan menunjukan bahwa kekuatan dan kesehatan seorang muslim tidak hanya ditentukan oleh tubuhnya tapi juga emosi, dan jiwanya.

Ada cara yang tepat untuk mengatasi rasa marah, yaitu dengan mengubah posisi tubuh kita ketika sedang marah. Ketika Anda sedang marah pada posisi berdiri cobalah untuk duduk, kemudian jika Anda marah dalam posisi duduk cobalan untuk berbaring. Marah itu berasal dari setan dan setan terbuat dari api jadi Anda bisa mengambil wudhu kemudian solat sunah atau wajib untuk menenangkan diri.

Sebenarnya masih banyak cara-cara menjaga kesehatan dalam islam, karena islam sendiri merupakan agama yang sempurna yang sangat menganjurkan kesehatan dan kebersihan dalam beribadah.