ASIFAH

Cara Berbagi Data GIS Ke Pengguna AutoCAD Seperti Arsitek Atau Drafter Agar Dapat Dibuka Dengan Mudah

Tutorial ini membahas cara berbagi data GIS ke pengguna AutoCAD seperti arsitek atau drafter agar data tersebut bisa dibuka dengan mudah dengan AutoCAD yang biasa mereka gunakan.

Perlu diketahui, tidak semua versi AutoCAD bisa membuka data-data GIS. Misalnya data GIS yang berformat SHP atau SDF bisa dibuka dengan AutoCAD Map, tetapi tidak bisa dibuka dengan AutoCAD.

Agar data GIS bisa dibuka dengan AutoCAD, maka perlu untuk dikonversi terlebih dahulu menjadi file DWG. Sehingga nanti data tersebut bisa dibuka dengan AutoCAD versi apapun. Untuk caranya silakan ikuti tahapan di bawah ini.

Cara Berbagi Data GIS Ke Pengguna AutoCAD : Merubah Data GIS Menjadi File DWG

  1. Ganti workspace AutoCAD Map menjadi Tool-based RibbonWorkspace atau Task-based Ribbon Workspace. Jika sudah maka langkah ini silakan dilewati, tetapi jika belum atau masih menggunakan Map Classic Workspace cara menggantinya bisa klik menu Tools > Workspaces > Tool-based RibbonWorkspace.
  1. Buka data GIS yang akan di share. Cara membuka data GIS di AutoCAD Map sudah sering saya bahas di tutorial-tutorial sebelumnya. Salah satunya bisa dilihat di Cara Membuka File SHP.
  1. Tentukan apakah data yang akan dibagi itu seluruhnya atau hanya sebagian saja yang diperlukan. Jika seluruhnya maka langkah ini silakan dilewati, tetapi jika hanya sebagian saja yang akan dibagikan maka gunakan tool Query to Filter untuk memilih dan menyaring data. Cara menggunakan Query to Filter sudah pernah saya bahas di tutorial Cara Memisahkan Peta.
  1. Jika sudah yakin bahwa data yang tampil dilayar penggambaran adalah data yang akan di share, maka langkah terakhir tinggal klik menu berlogo M 3D > Save As > Save Current Map as DWG > tentukan lokasi penyimpanan dan nama file > Save.

Hasil penyimpanan berupa file dwg merupakan file AutoCAD biasa yang bisa dibuka dengan AutoCAD versi apapun. Sehingga hasilnya ini siap untuk di share, misalnya kepada seorang arsitek atau drafter.

Setelah menjadi file dwg, gambar AutoCAD sudah tidak memiliki data tekstual atau data atribut yang terikat kepada gambar tersebut. Jika data tekstualnya ini juga dibutuhkan dan harus juga di share, maka ikuti cara berikut ini.

Merubah Data Tekstual Dari Data GIS Menjadi File CSV Atau Excel

  1. Klik Table pada tab Display Manager Task Pane (Lanjutan dari tahapan 4 diatas).
  1. Pada Data Table yang sudah muncul, klik kanan kolom table yang paling kiri > Select All > klik kanan lagi > Export > tentukan tempat penyimpanan dan nama file > Save. File akan tersimpan dalam format csv.

Jika data ingin tersimpan dalam format excel, klik kanan kolom table yang paling kiri > Select All > klik kanan cell yang tersorot dan berwarna biru > Copy. Kemudian buka Program Excel > klik kanan di salah satu cell excel > Paste. Setelah itu tinggal di Save As sebagai file excel.

Demikian tutorial mengenai berbagi data GIS ini semoga bermanfaat untuk anda. Silakan dicoba dan diparaktekkan. Jika ada yang ingin ditanyakan atau ingin menambahkan, silakan melalui bagian komentar di bawah.

  • Noeno Stranger

    haturnuhun tutorialnya Kang Asep

    • Asep Assafah

      Iya sama-sama.

  • THADEUS GENA

    Maaf Pak Asep bisa kirim Software AUTOCA MAP 3D 2016, Trims sblmx !

    • Asep Assafah

      Mohon maap mas thadeus, saya tidak jualan software apalagi bagi-bagi gratis.

      Terima Kasih untuk komentarnya.

  • THADEUS GENA

    Kalau ada bisa kirim via email saya

    • Asep Assafah

      Mohon maap mas thadeus, saya tidak bagi-bagi file.

      Terima Kasih untuk komentarnya.

  • tyok saja

    mantap nih tutorialnya,
    bagi bagi dong kang asep
    kalau berkenan ke email ya kang,,,,

    • Asep Assafah

      Mohon maap mas tyok, saya tidak bagi-bagi file. Apalagi harus mengirimkan ke email pembaca satu-satu.

      Terima Kasih untuk komentarnya.