ASIFAH

Autolabel Kontur Di Autocad Map

Inilah sebuah tutorial sederhana tentang cara membuat autolabel kontur di Autocad Map. Adapun garis kontur adalah garis pada peta yang menghubungkan titik-titik di lapangan yang mempunyai ketinggian sama. Misalnya sebuah lembah akan digambarkan sebagai garis-garis lengkung tertutup yang konsentris.

Label pada kontur sebenarnya merupakan informasi tambahan, khususnya jika peta sudah dicetak. Karena ketika sudah dicetak pembaca peta tidak bisa mengetahui elevasinya jika tidak dicantumkan. Namun apabila peta tersebut masih berbentuk digital, informasi mengenai elevasi tersebut bisa diketahui meskipun tidak dicantumkan. Adapun caranya adalah dengan melihat property dari garis kontur tersebut.

Banyak hal yang harus diketahui apabila kita membuat garis kontur, baik itu secara digital maupun manual. Akan tetapi tutorial ini tidak dimaksudkan untuk mengurainya lebih dalam karena keterbatasan ruang. Untuk itu, bagi yang ingin memperdalam pengetahuan tentang garis kontur silahkan baca buku-buku referensi yang berkaitan dengan pemetaan.

Saya akan langsung fokus untuk memberikan tahapan secara teknis pembuatan Autolabel garis kontur pada Autocad Map.

Berikut ini adalah tahapannya:

1. Buka berkas acad.lin adapun alamatnya secara umum di komputer kita adalah C:\Program Files\AutoCAD. Jika kesulitan mencari, gunakan fitur search di window explorer

Berkas acad.lin akan terbuka di program notepad. Pada bagian paling bawah tambahkan kode berikut ini

*Kontur_100,Garis kontur 100 —————-100 —————
A,.5,-3,[“100”,STANDARD,S=2,R=0.0,X=-2,Y=-1],-3,100

(penjelasan kode : mendefinisikan tipe garis yang disertai label angka 100). Setelahkan ditambahkan kemudian klik File > Save

2. Buka program Autocad Map > Format > Layer > Klik New > beri nama, misalnya Kontur 100 > klik pada bagian Linetype > Klik Load > Klik File > Pilih File acad > Kemudian klik Open.

3. Apabila berhasil, maka garis yang telah di definisikan akan masuk ke daftar garis. Untuk lebih jelas lihat gambar dibawah ini:

4. Kemudian Pilih Kontur_100 > Klik OK > akan muncul lagi pilihan, pilih lagi Kontur_100 > Kemudian Klik OK > Klik lagi OK.

5. Sekarang aktifkan layer Kontur 100, kemudian cobalah membuat garis kontur dengan panjang 200 unit. Untuk ilustrasi lihat gambar dibawah

Itulah trik untuk membuat autolabel kontur di Autocad Map. Apabila jeli kita akan lihat bahwa trik ini memiliki kelemahan yaitu kita harus mendifenisikan setip garis untuk setiap ketinggian.

Yang tadi kita buat khusus untuk yang elevasinya 100, nah untuk mendefinisikan garis-garis yang lainnya silahkan ulangi langkah-langkah diatas Atau apabila ingin lebih sederhana, silahkan definisikan dulu ketinggian garis kontur yang sering digunakan.

Setelah itu tinggal copy paste aja kode dibawah ini sesuai keperluan (apabila kurang tinggal copy aja dua baris kemudian paste di bagian paling bawah, kemudian diganti angkanya):

*Kontur_100,Garis kontur 100 ————— 100 —————
A,.5,-3,[“100”,STANDARD,S=2,R=0.0,X=-2,Y=-1],-3,100
*Kontur_200,Garis kontur 200 ————— 200 —————
A,.5,-3,[“200”,STANDARD,S=2,R=0.0,X=-2,Y=-1],-3,100
*Kontur_300,Garis kontur 300 ————— 300 —————
A,.5,-3,[“300”,STANDARD,S=2,R=0.0,X=-2,Y=-1],-3,100
*Kontur_400,Garis kontur 400 ————— 400 —————
A,.5,-3,[“400”,STANDARD,S=2,R=0.0,X=-2,Y=-1],-3,100
*Kontur_500,Garis kontur 500 ————— 500 —————
A,.5,-3,[“500”,STANDARD,S=2,R=0.0,X=-2,Y=-1],-3,100

Demikian tutorial ini dibuat sebagai jawaban dari pertanyaan teman kita. Saya mengucapkan terima kasih karena berkat pertanyaan beliau saya jadi terdorong untuk mengingat ilmu yang sudah lama tidak dipergunakan. Bagi teman-teman yang ingin mengajukan pertanyaan seputar Tutorial Autocad Map, silahkan mengisi Form Kontak. Jawaban akan saya muat di blog ini.

Semoga tutorialnya mudah dipahami dan semoga bermanfaat.

  • meri solfia

    assalamu&#39;alaikum,<br />nanya nih mas,saya menggunakan auto cad 2004 tapi setelah saya cari2 dimenu &quot;map n rubbersheet&quot;nya nggak ada,kira-kira salah saya dimana ya mas?<br />mohon bantuannya mas.<br />terimakasih.

  • Asep Assafah

    @ meri solfia : Waalaikumsalam. Yang saya tahu menu Map dan Rubbersheet hanya ada di Autocad Map atau Autodesk Map. Jika meri menggunakan autocad 2004 versi biasa alias bukan yang map, maka wajar menu tersebut tidak ada. Kalau pengin ada berarti harus nginstal Autocad Map atau Autodesk Map, yang ada di uninstal aja dulu. Demikian semoga jawaban saya dapat membantu