ASIFAH

7 Aplikasi Peta Mobile Untuk Membantu Perjalanan Mudik

Anda mau mudik? Coba gunakan salah satu dari 7 Aplikasi Peta Mobile Ini Untuk Membantu Perjalanan Mudik yang akan anda lakukan.

Saya sendiri kemungkinan akan mudik. Dan saya pikir aplikasi di bawah ini bisa membantu perjalanan mudik yang akan dilakukan. Apalagi kalau anda mau menggunakan kendaraan sendiri, tentunya akan sangat terbantu dengan aplikasi-aplikasi berikut ini.

1. Peta Mudik Metro TV 2016

Aplikasi Peta Mudik Metro TV merupakan aplikasi gratis yang bisa digunakan oleh pengguna smartphone maupun tablet berbasis Android. Di dalam aplikasi ini anda bisa menemukan fitur-fitur yang sangat bermanfaat untuk membantu perjalanan mudik.

Diantaranya adalah fitur peta mudik yang berfungis untuk mencari rute mudik beserta jalan alternatif di Jawa dan Sumatera; peta interaktif yang berisi informasi jalur mudik, titik kemacetan, bencana, cuaca dengan pantauan CCTV dari NTMC dan Kementerian Perhubungan; fitur pencarian lokasi dan fasilitas penunjang mudik terdekat seperti SPBU, mesjid, ATM, tempat wisata yang terintegrasi dengan Google Map; fitur info penting yang berisi nomor penting dan darurat.

Bagi anda yang tidak memiliki Smartphone berbasis Android, tenang saja karena anda tetap bisa menggunakan fitur-fitur mudik diatas dengan mengakses situs www.peta-mudik.com.

2. Google Maps

Aplikasi Google Maps bisa digunakan oleh pengguna Android dan iOS untuk iPhone dan iPad. Aplikasi ini menyediakan banyak fitur untuk keperluan pemetaan dan navigasi. Adapun untuk keperluan mudik, dari aplikasi ini anda bisa mendapatkan informasi kemacetan dan informasi real time terhadap kecelakaan, perbaikan jalan, dan penutupan jalan.

Selain itu Google Maps akan menggunakan informasi tersebut untuk memberikan rute alternatif untuk anda, termasuk penjelasan mengapa rute tersebut disarankan. Sehingga harapannya bisa mempercepat waktu anda untuk sampai di tujuan mudik.

Kunjungi Google Maps untuk mendapatkan info lebih lanjut, kiat dan trik penggunaan, serta download aplikasi.

3. Here Maps

Here Maps merupakan aplikasi peta dan navigasi yang bisa digunakan pada perangkat Android, iOS, dan Windows Phone. Aplikasi ini bisa dimanfaatkan untuk menentukan rute terdekat dan rute alternatif ketika mudik jika jalan utama yang dilalui mengalami kemacetan. Selain itu anda bisa mendapatkan informasi lokasi-lokasi penting seperti SPBU terdekat.

Selain manfaat yang disebutkan diatas, aplikasi Here Map juga memiliki fitur penting lainnya seperti Peta Offline, Street View, Navigasi dalam keadaan online maupun offline, real time traffic, dan sharing lokasi.

Kunjungi Here Maps untuk info lebih lanjut dan download aplikasi.

4. LewatMana

LewatMana merupakan penyedia informasi lalulintas terkini yang dapat membantu anda untuk merencanakan perjalanan dengan lebih efektif dan efisien. Aplikasi ini tersedia bagi pengguna Android, BlackBerry, iOS, Nokia Asha, and Windows Phone. Aplikasi ini diantaranya bisa dimanfaatkan untuk menemukan lokasi-lokasi penting yang terdekat, memantau kepadatan lalulintas melalui CCTV, dan menentukan rute mengemudi.

Kunjungi situs LewatMana.com untuk download aplikasi dan info lebih banyak.

5. Sygic

Sygic merupakan aplikasi Navigasi GPS, Peta, Kamera Kecepatan, dan Lalu Lintas yang bisa digunakan pada perangkat Android, iOS, dan Windows Phone. Aplikasi yang sudah digunakan oleh 150 juta pengguna ini bisa anda manfaatkan untuk mengetahui posisi anda saat ini, menentukan rute perjalanan mudik, dan menemukan tempat-tempat penting terdekat seperti SPBU, ATM, dan Restoran.

Yang menarik, selain bisa dijalankan tanpa koneksi internet aplikasi ini menjadi aplikasi navigasi pertama dunia di iPhone dan yang kedua di Android.

Kunjungi situs www.Sygic.com untuk info lebih lanjut dan download aplikasi.

6. Waze

Waze merupakan aplikasi lalu lintas dan navigasi yang memanfaatkan kekuatan komunitas. Aplikasi ini bisa digunakan pada perangkat Android dan iOS. Aplikasi komunitas ini bisa anda manfaatkan untuk mendapatkan informasi lalu lintas secara real time; peringatan laporan komunitas termasuk kecelakaan, bahaya, razia polisi, dan penutupan jalan; informasi pengalihan rute secara otomatis saat kondisi jalan berubah dan berbagai info penting lainnya dari komunitas mengenai keadaan di jalan.

Kunjungi situs www.waze.com untuk info lebih lanjut dan download aplikasi.

7. Wisepilot

Wisepilot merupakan aplikasi GPS Navigasi yang bisa digunakan pada perangkat Android, iOS, dan BlackBerry. Aplikasi ini bisa anda manfaatkan untuk menentukan rute perjalanan, menemukan fasilitas umum terdekat, live traffic, dan laporan cuaca. Selain itu anda bisa sharing lokasi yang dikunjungi ke sosial media.

Kunjungi situs Wisepilot untuk info lebih lanjut dan download aplikasi.

Demikian 7 Aplikasi yang bisa anda gunakan untuk membantu perjalanan mudik. Tentunya tidak harus anda gunakan semuanya. Cukup gunakan satu atau dua saja yang kira-kira sesuai dengan kebutuhan anda.