ASIFAH

3 Cara Menyembunyikan File Dalam Sistem Operasi Windows

Inilah sebuah tips dan trik sederhana mengenai 3 Cara Menyembunyikan File Dalam Sistem Operasi Windows. Adapun tujuan dari menyembunyikan file tersebut adalah untuk alasan keamanan sebuah data. Artikel ini ditulis untuk memenuhi janji saya di artikel sebelumnya yang berjudul Cara Mem Password File AutoCad. Di artikel tersebut saya sudah menunjukan bagaimana memberikan password kepada sebuah file AutoCad. Namun pemberian password tidak bisa mencegah pengguna lain untuk menghapus file tersebut. Oleh karena itu, dalam artikel ini saya akan memberikan tahapan bagaimana caranya menyembunyikan file yang telah diberi password tersebut agar tidak mudah dihapus pengguna lain. Anda penasaran? langsung simak saja tutorial dibawah ini.
Cara Pertama

Cara pertama ini merupakan trik sederhana yang prinsipnya adalah kita menyimpan file tersebut di tempat yang tidak biasa atau jarang dikunjungi orang. Anda tentu punya pendapat bagian mana saja di kompter yang jarang dibuka orang, itu tidak menjadi soal. Kalau menurut saya bagian yang jarang dikunjungi tersebut salah satunya adalah drive C.

 Berikut ini akan saya berikan contoh:

C:Program FilesVisual EditorSampleContoh Menyembunyikan Filetes1.dwg

Anda lihat saya membuat sebuah folder baru dalam Program File yang namanya seperti sebuah program pada umumnya yaitu Visual Editor , padahal itu hanyalah nama rekaan saja. Kemudian saya membuat folder baru lagi sampai dua kedalaman, baru menyimpan file yang ingin disembunyikan tersebut.

Cara Kedua (Menyembunyikan file di dalam gambar)

Buka Windows Explorer → Pilih menu Tools → Folder Options → Pilih Tab View → hilangkan tanda centang pada opsi Hide extension for know file types → Klik OK. Langkah ini dilakukan untuk memudahkan mengetahui ekstensi sebuah file. Jika anda sudah tahu ekstensi file Autocad dan gambar yang digunakan, langkah pertama ini bisa dilewati.

 Simpan file yang akan disembunyikan dan sebuah gambar di dalam folder yang sama.
Sebagai contoh, Saya menyimpan file bernama tes1.dwg dan sepanjang3.jpg dalam folder Contoh Menyembunyikan File
Kompres file yang akan disembunyikan menggunakan program yang ada di komputer anda (contoh program untuk kompres yang biasa digunakan orang: Win Zip, Win rar, IZArc). Caranya klik kanan pada file → klik Add to “tes1.rar” (catatan: dalam komputer saya menggunakan program kompres winRAR archiver).

 Copy code berwarna merah dibawah ini kedalam notepad kemudian Save As pada folder Contoh Menyembunyikan File dengan nama hide.bat
 @echo off
ren tes1.rar tes1.dwg.rar
copy /b sepanjang3.jpg+tes1.dwg.rar PantaiSepangjang.jpg
del tes1.dwg
del sepanjang3.jpg
del tes1.dwg.rar
del hide.bat
Apabila berhasil sampai dengan tahap ini, maka sekarang dalam folder Contoh Menyembunyikan File terdapat empat buah file. Agar lebih jelas lihat gambar di bawah ini:

 Sekarang double klik file hide.bat. Apabila berhasil maka dalam folder Contoh Menyembunyikan File sekarang hanya ada file PantaiSepanjang.jpg. Sampai dengan tahap ini maka usaha kita untuk menyembunyikan file telah berhasil, karena apabila file PantaiSepanjang.jpg diklik yang muncul hanyalah gambar Pantai Sepanjang. Sementara file tes1.dwg nya tidak akan terbuka.
Cara membukanya: klik kanan pada file PantaiSepanjang.jpg → Pilih Open With → Pilih Choose Program… → Pilih winRAR archiver → Klik OK → Klik dua kali file tes1.dwg

Cara Ketiga

Buka Windows Explorer → Pilih menu Tools → Folder Options → Klik Tab View → Pilih Opsi Do not show hidden files and folders → Klik OK. Agar lebih jelas lihat gambar di bawah ini:

 
 Langkah selanjutnya adalah kita menuju Folder yang akan kita sembunyikan. Saya menggunakan Folder Contoh Menyembunyikan File sebagai percobaan. Kemudian klik kanan pada Folder Contoh Menyembunyikan File → Pilih Properties → Centang opsi Hidden → Klik OK → Klik OK. Selanjutnya selamat folder anda sudah menghilang…
Cara menampilkan kembali file yang dihilangkan : Buka Windows Explorer → Pilih menu Tools → Folder Options → Klik Tab View → Pilih Opsi show hidden files and folders → Klik OK
Itulah tiga cara menyembunyikan sebuah file dalam Sistem Operasi Windows. Menurut saya anda menggunakan salah satu saja dari ketiga cara diatas, sepertinya sudah cukup untuk melindungi file anda agar tidak dibuka orang lain. Akan tetapi apabila anda masih merasa kurang aman dan ingin lebih mantap, Saya akan tunjukkan trik nya. Trik nya sederhana, gabungkan semua cara yang telah saya tunjukkan.
Pertama berikan Password untuk file yang ingin anda kunci. Untuk cara mem password file Autocad saya sudah menunjukan di artikel sebelumnya.

Untuk langkah Kedua, ketiga, dan keempat, gunakan urutan yang saya berikan dalam artikel ini. Dengan demikian anda telah menerapkan empat lapis keamanan. Kalaupun suatu saat ada yang menemukan file rahasia anda, dia akan tetap kesulitan untuk menembus pertahanan terakhir yaitu password dalam sistem Autocad.

 Demikian…semoga tutorial 3 Cara Menyembunyikan File Dalam Sistem Operasi Windows ini bermanfaat bagi anda dan apabila ada pertanyaan atau bagi anda yang punya cara lain saya akan senang sekali jika anda mau membaginya melalui kolom komentar. Ok sampai jumpa di tutorial-tutorial selanjutnya ya…
  • hohoho..<br />kalo aku pake aplikasi folder lock aja.<br />hehehe…<br />tapi cara ketiga juga sering dipake tuh.<br />thank&#39;s udah berbagi..<br />:)

  • @inspirasi kecilku : Terima kasih juga atas tambahannya, saya jadi tambah ilmu. Memang tidak diragukan ya…ketika kita berbagi/ mengamalkan ilmu maka ilmu kita akan bertambah. Saya baru tahu yang namanya folder lock…terus langsung coba cari reviewnya…ternyata mantap ya (Langsung akan saya coba). bagi yang ingin tahu kehebatan folder lock baca di http://henryussa.wordpress.com/2008/03/14/

  • yap, sama-sama . . 🙂

  • Info yang bagus teman… trimakasih

  • Asep Assafah

    @Fikri : sama-sama dan salam kenal ya…

  • Anonymous

    yg paling simple ganti nama file + ganti ekstensi aja mas, misal file yg mw disembunyikan dibuat rar, nama file diganti sama nama yg gbkin orang curiga, trus ekstensi diganti ekstensi yg asing, misal *.dll, dijamin orng gbkal percaya klo file ekstensi *.dll itu ternyata file rar

  • Wah mantap ni..<br />Terima kasih infonya..