Cara Untuk Meningkatkan Fokus Dan Produktifitas Dalam Menjalankan Bisnis Internet (Bagian 1)


Berkaca dari tahun 2011 yang kurang produktif, akhirnya saya mencari cara untuk meningkatkan fokus dan produktifitas dalam menjalankan bisnis internet di tahun 2012 ini. Cara yang akan saya jelaskan dalam tulisan ini sudah saya praktekkan mulai awal Januari 2012. Bagi saya hasilnya cukup memperlihatkan peningkatan yang berarti. Mudah-mudahan sampai akhir 2012 saya bisa tetap fokus dan produktif sampai akhirnya semual goal terwujud. Begitupun bagi anda, saya mendoakan semoga semua goal anda di tahun 2012 terwujud. Tanpa berpanjang lebar lagi, mari kita kupas caranya satu persatu.

Buat goal untuk satu tahun kedepan

Di tahun 2011, saya tidak punya goal yang jelas dalam menjalankan bisnis internet. Walaupun tetap menjalankan, tetapi masih coba-coba, masih ragu-ragu, dan masih cari-cari. Sehingga sampai 2011 berakhir tidak ada pencapaian yang berarti.

Untuk tahun 2012 saya sudah membuat 6 goal yang jelas yang betul-betul ingin saya wujudkan. Saya tidak membuat goal terlalu banyak, karena hanya akan membuat saya tidak fokus. Untuk mewujudkan goal tersebut sayapun sudah membuat strategi-strategi yang mudah untuk dijalankan.

Bagi anda yang ingin tetap fokus dan produktif, saya sangat menyarankan untuk membuat goal yang jelas. Goal ini adalah sesuatu yang sangat ingin anda wujudkan di tahun 2012 ini.

Mengutip Tung Desem Waringin dalam bukunya Financial Revolution, kalau kita tidak punya goal/ tujuan, seperti orang yang naik taksi kemudian ketika ditanya oleh supir taksi mau kemana, dia bilang tidak tahu. Kemungkinan yang pertama kita disuruh turun oleh supir taksi, bahkan mungkin sambil dimarahi. Kemungkinan yang kedua kita dibawa berkeliling oleh supir taksi kemudian diturunkan dan disuruh bayar. Masih mending kalau kita diturunkan ditempat awal kita naik, nah yang parah kita diturunkan dimana saja sekehendak supir taksi. Akhirnya uang habis, waktu habis, dan tenaga juga habis.

Banyak orang yang sudah menjalani puluhan tahun dalam hidupnya, tetapi tidak sampai kemana-mana seperti penumpang taksi diatas. Kebanyakan dari mereka, secara umum tidak mempunyai goal yang jelas dalam hidupnya. Untuk itu goal/ tujuan sangat penting dalam hidup termasuk dalam menjalankan bisnis internet.

Papan tulis

Goal dan starategi yang sudah dibuat, kemudian saya tuliskan di papan tulis. Papan tulis ini saya simpan persis di depan meja kerja. Sehingga sering saya lihat dan baca. Terutama sebelum memulai aktifitas bisnis internet, saya pasti melihat papan tulis karena persis didepan mata. Efeknya adalah kita selalu ingat dengan goal yang sudah kita buat beserta strategi untuk mencapainya.

Papan tulis mungkin terlihat seperti sesuatu yang biasa, padahal yang saya rasakan dia sangat dahsyat mempengaruhi fokus dan produktifitas. Kenapa bisa begitu? Mari saya jelaskan. Pertama, dia membuat saya sering membaca goal. Lambat laun goal itu terpatri didalam hati dan imajinasi saya. Semakin lama, saya yakin goal itu akan masuk ke alam bawah sadar. Kalau sudah masuk ke alam bawah sadar, hmm bisa dipastikan fokus dan produktifitas untuk mewujudkan goal akan semakin dahsyat.

Yang kedua, karena goal saya tuliskan di papan tulis maka istri dan anak saya juga membacanya. Bahkan teman yang main ke rumah dan melihat ruang kerja saya di rumah juga membacanya. Ini artinya, saya seperti mendeklarasikan/ mengumumkan goal ke orang-orang terdekat. Akibatnya saya malu kalau tidak serius mewujudkan goal tersebut dan saya ingin membuktikkan bahwa saya bisa mewujudkan goal tersebut. Saya ingin orang-orang terdekat bahagia, karena semua goal saya intinya ya ingin membahgiakan mereka.

Jadi jangan anggap remeh karena papan tulis bisa meningkatkan fokus dan produktifitas.

Tulisan cara untuk meningkatkan fokus dan produktifitas dalam menjalankan bisnis internet ini bersambung ke bagian 2.

0 Photos of the Cara Untuk Meningkatkan Fokus Dan Produktifitas Dalam Menjalankan Bisnis Internet (Bagian 1)

1 Comment

Skip to Comment Form ↓
  1. Lukman Azis says:

    Saya belum membuatnya, kalau begitu saatnya saya membuat daftar goal, agar tujuan tercapai dan arah ngeblog pun jelas, terima kasih gan.

Leave a comment

Copyright © Asifah.com | Berbagi Sepenuh Hati