Cara Merubah Peta Dari Format Arcview Menjadi Format AutoCad

Tutorial Cara Merubah Peta Dari Format Arcview Menjadi Format AutoCad ini merupakan bagian dari tutorial autocad map pilihan. Saya menuliskan tutorial ini, karena pernah ditanyakan oleh teman saya. Dulu (kisah lama) ketika mau mengolah data untuk kepentingan skripsi, data spasial yang dia peroleh berformat ArcView, sementara software yang dia gunakan untuk mengolah data spasial adalah AutoCad Map.

Sebenarnya ada banyak cara untuk merubah format data spasial tersebut. Adapun yang akan saya uraikan merupakan salah satu cara saja yang mudah-mudahan bisa menjadi salah satu solusi alternatif untuk menyelesaikan kasus diatas. tehnik yang saya gunakan untuk merubah format data spasial tersebut menggunakan bantuan Software MapInfo Professional. Jadi tehnik ini bisa anda gunakan jika software MapInfo sudah terinstal dalam komputer yang anda gunakan. Lalu seperti apakah cara yang saya maksud tersebut, langsung simak saja tutorial dibawah ini ya:
1. Buka program MapInfo Professional, jika muncul form dialog pilih saja Cancel
2. Klik Tools → Universal Translator → Universal Translator. Apabila berhasil akan muncul form dialog seperti dibawah ini:


3. Pada bagian Source , Format pilih ESRI Shape ; pada bagian File cari dimana kita menyimpan peta tersebut (Peta dalam format Arcview/ *.shp).
Pada bagian Destination, Format pilih MapInfo TAB ; pada bagian Directory cari dimana kita akan menyimpan peta hasil proses ini.
Pada bagian Log, biarkan saja seperti default nya.
4. Klik OK. Apabila prosesnya berhasil maka akan ada pesan yang berbunyi Translation succesful!
5. Langkah selanjutnya adalah merubah peta hasil translasi tadi (format MapInfo / *.TAB) menjadi format AutoCad / *.CAD. Adapun langkah-langkahnya sama dengan proses translasi yang pertama (untuk lebih jelasnya, ikuti tahap selanjutnya).
6. Pada bagian Source , Format pilih MapInfo TAB ; pada bagian File cari dimana kita menyimpan peta hasil translasi (Peta dalam format MapInfo/ *.tab).
Pada bagian Destination, Format pilih AutoCAD DWG/DXF ; pada bagian Directory cari dimana kita akan menyimpan peta hasil proses ini. Adapun File Type pilih saja DWG.
Pada bagian Log, biarkan saja seperti default nya.
Untuk memberikan gambaran lihat tampilan dibawah ini;

7. Klik OK. Proses translasi berjalan otomatis, apabila berhasil akan muncul pesan Translation succesful!
8. Proses untuk merubah peta dari format Arcview menjadi format AutoCAD selesai. Untuk memastikan hasil perubahan ini, buka saja program AutoCAD. Apabila ingin melihat hasil dari proses yang saya lakukan ketika (sambil) membuat tutorial ini, simak saja gambar dibawah:


Yang perlu menjadi catatan adalah:

1. Sebenarnya ArcView mempunyai fasilitas Export yang bisa digunkan untuk merubah File berformat ArcView menjadi File berformat lain (misalnya Windows bitmap, Windows metafile, dll), akan tetapi pilihan format AutoCad / *.dwg / *.dxf tidak tersedia (ArcView yang saya gunakan versi 3.3, adapun versi lain saya belum pernah mencobanya, jadi belum tahu apakah tersedia pilihan AutoCad / *.dwg / *.dxf atau tidak).
2. AutoCad yang saya gunakan adalah AutoDesk Map 2004. Sebenarnya AutoDesk Map 2004 ini juga mempunyai fasilitas Import (bisa digunakan dengan memilih Menu Map → Tools → Import) yang bisa digunakan untuk merubah Peta dalam format lain (misalnya format ArcView) menjadi format AutoCad. Akan tetapi ketika saya mencobanya, file berformat ArcView 3.3 ini tidak bisa dibuka (versi lain belum pernah mencoba).
3. Ketika menggunakan fasilitas Universal Translator milik MapInfo, Peta dalam format selain MapInfo hanya bisa dirubah menjadi format MapInfo. Baru setelah jadi format MapInfo peta tersebut bisa dirubah menjadi format lain (intinya tidak bisa langsung).
Demikian tutorial Cara Merubah Peta Dari Format Arcview Menjadi Format AutoCad ini, mudah-mudahan bermanfaat terutama bagi yang sedang belajar AutoCad untuk pemetaan digital. Untuk melihat tutorial yang lain, seperti Tahapan Digitasi On-Screen Menggunakan Autodesk Map 2004 silahkan klik Tutorial AutoCad Map.

Advertisement
autodeskcad-eworkshop.com